NILAI-NILAI LUHUR DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT JAWA
Budaya Jawa menang sulit dilepaskan
dari sikap hidup orang Jawa yang berujud filosofi yang terpancar dalam sikap
dan perilaku. Menarik syair gubahan RMP. Sosrokartono yang berbuyi :
Sugih tanpa bandha
Digdaya tanpa aji
Nglurug tanpa bala tanpa gaman
Ambedhah tanpa perang tanpa pedang
Menang tanpa ngasorake
Menang tan ngrusak ayu tan ngrusak
adil
Yen unggul sujud bakti marang sesami
Durung menang yen durung wani kalah
Durung unggul yen durung wani asor
Durung gedhe yen durung wani cilik
Trima wani pasrah
Suwung pamrih tebih ajrih
Langgeng tan asusah tan ana bungah
Anteng mantheng sugeng jeneng
Syair
tersebut sebenarnya kalau kita kaji secara mendalam sangat bersifat universal,
tidak hanya berlaku bagi orang Jawa semata, tetapi lebih ditujukan kepada semua
umat manusia yang ada, dan hal ini merupakan ajaran yang sangat mendalam serta
dapat dipastikan apabila seseorang benar-benar mengimplementasikan kedalam
sikap dan perilakunya, maka pasti penyakit depresi, post power sindrom, stress
akan jauh dari badan seseorang.
Tetapi
masalahnya mengapa hal tersebut seakan-akan hilang begitu saja, dan apa
penyebab utamanya, itulah yang akan dibahas dalam tulisan singkat ini.
Budaya
Jawa sejarah dan perkembangannya
Budaya
Jawa tidak dapat dilepaskan dari permasalahan budi pekerti Jawa yang menurut
Tim Pengengbangan Budi Pekerti Provinsi Yogyakarta meliputi 12 unsur yaitu
(supriyoko 2000 : 4) :
1.
Pengabdian
2.
Kejujuran
3.
Sopan
santun
4.
Toleransi
5.
Kedisiplinan
6.
Keikhlasan
7.
Tanggung
jawab
8.
Guyub
rukun
9.
Tepa
slira
10. Empan papan
11. Tata krama
12. Gotong royong
Dari keduabelas unsur tersebut diatas
banyak diwujudkan dalam bentuk kearifan lokal yang dituangkan kedalam
ajaran-ajaran penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, antara lain
yang pada intinya adalah bagaimana melakukan hubungan dengan Tuhan, Hubungan
dengan manusia dan hubungan dengan alam.
Alam mempunyai pengaruh yang besar
terhadap kehidupan masyarakat, Pulau Jawa yang dikelilingi lautan, terdiri atas
pegunungan dan daratan, sehingga mata pencaharian masyarakat jawa juga terfokus
pada masalah pertanian, perikanan dan industri kecil. Oleh karenanya tidak
menherankan apabila masyarakat tani lebih dekat dengan filsafat tani, laut dan
gunung, serta kasekten yang kesemuanya diwujudkan dengan lambang-lambang dalam
bentuk sesajen. Hal ini bukan berarti bertentangan dengan pandangan mereka bahwa
segala sesuatu berasal dari Tuhan, sebagai sangkan
paraning dumadi atau asal dan tujuan segala yang ada.
Banyak yang dapat dicontohkan
bagaimana budaya Jawa yang erat kaitannya dengan alam, misalnya sekaten atau
gerebeg mulud, upacara langse, upacara labuhan, nyadran dan lain sebagainya.
Gambaran diatas menunjukkan bahwa
tujuan budaya Jawa antara lain kemakmuran dan ketentraman, kedamaian dan
kebahagiaan. Dan hal nampak dari ucapan dalang waktu menceritakan salah satu
negara. Kapan saja dan dimana saja seorang dalang tentu menceritakan negara
idaman yang pokok isinya adalah gambaran masyarakat yang diidamkan. Contoh
misalnya “Syuhrep data pitana, anenggih
pundi ingkang kaeka adi dasa purwa. Eka sawiji, adi linuwih dasa sepuluh purwa
wiwitan. Sanadyan kathah titahing dewa ingkang sinangga ing pratiwi kasongan
ing akasa kapit ing samodra, kathah ingkang sami anggana raras, nanging mboten
kadi nagari Dwarawati inggih ing dwaraka. Mila kinarya bebuka, ngupaya nagari
satus datan, jangkep, kekalih, nadyan sewu tan antuk sadasa. Mila winastan ing
Dwarawati. Dasar nagari panjang apunjung, pasir wukir loh jinawi, gemah aripah,
karta tur raharja. Panjang dawa pocanane, punjung luhur kawibanane, pasir
samodra wukir gunung, dene negara ngungkurake pegunungan, ngeringaken
pasabinan, nengenaken samodra, ngayunaken bandaran gedhe. Loh tulus kang sarwa
tinandur, jinawi murah kang sarwa tinuku. Gemah, kang lumaku dagang rahinten
dalu datan ana pedhote, labet datan ana sangsayaningmargi. Aripah, janma manca
kang sami bebara, jejel apit, aben cukit tepung tritis, papan wiyar katingal
rupak saking harjaning nagari. Karta, tebih ing parang muka raharja: para
kawula ing padhusunan padha tentrem atine nungkul pangulahing tetanen.
Ingon-ingon kebo sapi pitik iwen tan ana cinangcangan, yen rina padha angler
ing pangonan, yen sore padha mulih marang kandhange dewe-dewe. Para mantri bupati padha bijaksana limpading kawruh putus
maring wajib pangulahing praja, tansah ambudi kaluhuraneng nata”.
Dalam serat Paniti Sastra, keadilan dikatakan
sudah terealisasi dalam masyarakat, jika masyarakat dapat hidup bahagia lahir
batin, aman, tentram dan sejahtera. Hal ini pula yang mengilhami masyarakat
Jawa memdambakan Ratu Adil artinya keadilan yang sungguh-sungguh terealisasi
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Dalam serat tersebut dijelaskan
adanya empat jaman yang akan terjadi sampai dengan menculnya keadilan,
selengkapnya berbunyi sebagai berikut :
“Peranganing jamanipun tanah jawi punika dados jaman ageng, awitan nama kretayuga , Sang Hyang Pramana ingkang
dados uwiting gesang punika manggen wonten pulunging galih awit taksih siniwi
ing swarga, gesanging Sang Hyang Pramana dumugi sakethitahun, ing jaman kretayuga
wau ingkang dados awitaning prang ageng putra pandhita nama Dewi Naruki. Tanah
Jawi kathah ungel-ungelan kumaranging jagad, asring wonter.Kapiyarsa swaraning
gara-gara geter dhedhet erawati, sarta lelampahan ingkang elok, awit dening
kathah manungsa ingkang sumengka pangawak braja dados dewa, kathah para Jawata
ngejawantah tyumendhak dhateng ngarsa pada.
Kaping kalih jaman tirtayuga,
pranahipun sang Hyang Pramanawonten ing madyaning paningal, gesanging sang
hyang Pramana dumugi saleksa tahun, ing jaman wau ingkang dados wiwitanipun
prang ageng Dewi Sinta. Ing tanah Jawi asring wonten barubahing bumi, ngantos
pecah dados pulau alit, sarta sagunging bumi kathah ingkang pejah kathah sami
anitis, ugi wonten sawatawis lelampahan ingkang elok.
Kaping tiga nama jaman dwaparayuga,
pernahipun sang hyang Pramana wonten ing
daging lawan erah, gesanging sang hyang Pramana dumugi sewu tahunsatus wulan,
ing jaman wau ingkang dados awitaning prang ageng Dewi Drupadi.
Kaping sekawan nama jaman Kaliyuga,
sang hyang Pramana manggen wonten kulit lawan ing wulu puhun gesang ing sang
hyang Pramana enggal-enggal kados upminipun gerbyaring kilat wonten ing
mendhung, ing jaman kaliyuga wau kathah
ingkang dados sababing prang, inggih punika daruna saking pawestri, saking siti,
raja brana sarta sanes-sanesipun. Ing tanah Jawi kathah jawah salah mangsa,
sarta kathah lepen ngalih panggenan, dangu dhatengipun kabegjaning manungsa,
angendhakaken, panarima, awit dening tekading manungsa sama angugemi kawruhipun
piyambak-piyambak
Yen sampun dumugi ing jaman kaliyuga
mboten wonten ingkang anglangkungi tiyang sugih, tiyang guna mboten kawicara,
tiyang prawira mboten kajuwara, pandhita putus tanpa karya : sedaya sami marak
manembah dhumateng tiyang sugih. Ing jaman ngriki bangsaning pandhita sirna,
lan bangsaning ratu sama mlarat kawlas asih, anak kathah ingkang sami purun
angawon-awon dhateng bapa biyung, dayaning pitedah dipun pitenah, para pandhita
sami anglampahaken dados nangkoda.
Bumi tanah gonjing, redi kathah
ingkang jeblog, ingkang anjalari ing karisakan, jagad dahuru: para kerajan
ageng sami paprangan arebat kawasa, satemahan para ratu sami kakirangan arta,
para ingkang ngasta pusaraning praja sami pinungsungsung arta dhateng tiyang
sugih, satemahan adiling pangawasa jagad nirdaya sagunging nara karya sami
manut ongopahan, saganten, mili ing lepen, redi. Semeru, Prahu, kelut sarta
lawu sami kurda, akarya retuning tanah jawi, sesampunipun tanah jawi risak,
bathara wisnu lajang ngejawantah, dados ratu adil ing tanah jawi, ing ngriku
tanah jawi kreta, tiyang jawa saged mulya kajen lan kineringan ing sanes
bangsa.
Tiyang bebet asor wangsul dados
tiyang luhur, kamurkaning tiyang sangsaya anglangkungi, sang ratu kalumuhan
dhateng pandhita, awis ingkang nglampahi panembah sarta kathah ingkang sami
tilar agami, wedaling kaluhuran sarana dipun saranani arta, awit sang ratu
kawasesa ing tiyang sugih, tiyang lepat dados awet kangge ing damel, tiyang
leres dados katiwar-tiwar saking malarat. Tiyang murka sangsaya andadra awit
angsal panggesangan, tiyang sabar wekasan dados kirang ing paramarta, tiyang
dursila lan durjana sami adamel cilakaning tiyang sepahipun. Sang ratu sasat
suwita dhateng patihipun, sagung ingkang andum sami amilih , pratingkahipun
sawenang-wenang, ical berkatipun bumi, kathah tiyang ingkang kasakarat, sadaya
oyot-oyodan, gegodhongan, wowohan, sarta sadaya asil bumi badhe tanpa aji.
Tetiyang ingkang kawasa mboten
angresepi ing jagad, bangsa, pandhita, satriya, wasi miwah bangsa sudra
satunggil padamelan, jalaran sajagad sami angaken saged sami angegungaken
dhiri, sarta sami lumuh asor. Tiyang ulah sastra lawan samadi kathah ingkang
mboten manut dhateng pamardinipun guru, sagunging japa mantra tanpa karya, wit
mboten tumama, adiling hukum mboten anglebeti temah dados durgama. Sami rebah
kang sekar capaka, angsoka, angsana, candhana, duru kananga, sulastri,
nagasari, sadaya uwitipun sinasami pinadungan tinegoran, tinalutuhan ibringing
terong, secang, lawan pilang sami kaprapalan. Sakathahing peksi merak, banyak,
dhandhang, bango sapunanggalingpun. Punika sami lebur pinasangan lajeng
sinengkeran, ingkang suka bingah amung segawon, babi sami ingopenan pinilala
tinuwukan erah kaliyan daging.
Apabila ditilik lebih dalam uraian
diatas semacam suatu ramalan, tetapi minimal sehari-hari kita akan sering
melihat bagaiaman seorang anak kandung menggugat ibunya yang sudah tua,
bagaimana seorang ayah kandung menggauli anak kandung sendiri, pembunuhan,
perkosaan, tawuran pelajar, tawuran antar warga, atau seorang cucu membunuh
neneknya sendiri hanya karena tidak diberi uang jajan, gunung berarpi mulai
menunjukkan eksistensinya dengan ditandai batuk-batuk, bahkan sudah beberapa
gunung berapi yang meletus, banjir bandang dan masih banyak yang bisa kita
lihat.
Perspektif politik, ekonomi, hukum
dan pemerintahanpun juga mengalami hal yang sama, kasus korupsi, mafia
peradilan dan lain sebagainya merebak dimana-mana, sampai-sampai muncul slogan
atau jargon “enak jamanku to?” dan perkembangan terakhir dengan tekad Revolusi
mental.
Kehidupan
sosial masyarakat Jawa banyak diilhami oleh alam yang telah memberikan manfaat
yang tak terhingga, dan apabila digambarkan secara kasat mata masyarakat Jawa
yang diwarisi dari nilai-nilai yang pernah menghegemoni dapat digambarkan
sebagai berikut :
1.
Sangat
mendambakan terwujudnya ketentraman dan kerukunan serta keselamatan hidup di
dunia dan akhirat (sangkan paraning dumadi)
2.
Sejauh
mungkin menghindari konflik batin dan fisik dengan penguasa, orang lain dan
lingkungan, lebih mengedepankan sikap mengalah meskipun tidak kalah
3.
Mempunyai
sifat lentur dan terbuka terhadap nilai-nilai baru dari luar
4.
Memiliki
sopan santun, tenggang rasa sosial yang tinggi, sangat menghargai patembayan
5.
Bersifat
religius, dan spiritualis. Toleran terhadap agama dan kepercayaan yang tumbuh
berkembang di Jawa
6.
Dalam
berkomunikasi atau didalam menyampaikan segala sesuatu cenderung menggunakan
cara-cara yang tidak langsung.
Kehidupan
sosial tersebut telah banyak ditulis dalam serat-serat yang berisikan
nasihat-nasihat bagaimana seharusnya orang jawa itu hidup bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara, termasuk dalam kehidupan keluarga, antara lain dalam :
a. Serat waraiswara
Dalam serat ini banyak dituliskan
bagaimana seorang istri harus berfungsi sebagai ibu dan pendamping suami, yang
antara lain kewajiban seorang istri adalah :
1. Mantep
2. Mengetahui dan mendalami pribadi
suami, tahu yang dikehendaki, agar selalu mendapat kasih sayangnya
3. Temen, nrima dan sabar. Maksudnya
jujur dalam segal hal, menerima yang dihasilkan suami, tidak lekas marah dan
tidak mudah terpancing oleh hasutan.
b. Serat sasanasunu
Sedangkan dalam serat sasanasunu yang
ditulis oleh Yasadipura II yang bergelar KRT Sastranegara pada tahun 1820,
memuat banyak ajaran budi pekerti yang perlu diterapkan oleh para bangsawan
maupun rakyat jelata.
Latar belakang penulisannya
disebabkan adanya kemerosotan moral waktu itu akibat krisis sosial ekonomi,
politik yang menyebabkan kesengsaraan rakyat. Solusi yang ditawarkan waktu itu
adalah :
1. Penampilan yang baik, yang terdapat
papa pupuh 9 bait 7 yang berbunyi “kaping
kalih aywa sira angling/luwih ing kat awengis sru angsa/yen tan lawan
prayogane/pengucapan wengis iku/ ngumbar nepsu kaworan iblis/ pring tri sira
reksaa/ing lesane reku saking pangucapan duraka/endi lira pangucap kang
ndurhakani/ngrasani alaning liyan” yang artinya “yang kedua, jangan kamu
berkata melebihi batas/seperti bengis atau menyombongkan diri/jika tidak pada
tempatnya/ucapan bengis itu akan mengobarkan nafsu tercampur dengan/nafsu
iblis/jagalah mulutmu/dari ucapan durhaka/arti ucapan durhaka itu/adalah
membicarakan keburukan orang lain”
2. Keseimbangan dunia akhirat
3. Memelihara akal
4. Mawas diri
5. Bekerja mencari nafkah
6. Berbusana/berpakaian
7. Berteman/mencari teman
8. Tata krama makan
9. Tata krama tidur
10. Tata krama bepergian
11. Tata krama bertamu
12. Tatakrama bicara
13. Tatakrama menuntut ilmu
14. Tatakrama mengeluarkan pendapat
c. Serat Bratasunu
Yasadipura II setelah menulis Sasanasunu, pada tahun
1845, serta ini banyak memuat ajaran yang berguna bagi anak. Prinsipnya seorang
anak mempunyai kewajiban-kewajiban terhadap orang tua, yang dikaitkan pula
dengan kewajiban terhadap raja, majikan dan pejabat kerajaan.
d. Serat Nitisruti
Sreta Nitisruti ditulis oleh Pangeran
Karanggayam, pujangga kerajaan Pajang pada tahun 1612. Serat ini berisi
aturan-aturan hidup demi kebaikan manusia.
e. Serat Wedhatama
Serat wedhatama ditulis oleh KGPA
Mangkunegara IV, yang merupakan salah satu buku yang berisikan filsafat Jawa
yang berisi ajaran-ajaran luhur dan masih sangat baik baik untuk pedoman hidup
hingga masa kini.
Beberapa cuplikan yang akhirnya
menjadi peribahasa dan sampai sekarang masih terus digunakan, antara lain :
Durung pecus kesusu keselak besus (belum mampu keburu ingin lekas
pandai)
Lila lamun ketaman kelangan nora
getun (rela apabila
mengalami suatu kejadian, kehilangan tidak menyesal)
Kalamun durung lugu aja pisan wani
ngaku-aku (bila
belum lugas jangan berani mengaku bisa)
Ngelmu iku kelakone kanthi laku,
lekase lawan kas, tegese kas nyantosani, setya budaya pangekese dur angkara (ilmu adalah dijalankan dengan
perbuatan, dimulai dengan kemauan, kemauan adalah penguat, budi setia
penghancur kemurkaan)
Angkara gung ing angga anggung
gumulung (angkara
yang besar dalam tubuh selalu menggelora)
Sabegja-begjaning wong kang lali, isih
begja kang eling lawan waspada ( seberuntung-beruntungnya orang yang lupa, masih lebih
beruntung mereka yang senantiasa ingat dan waspada)
Ing ngarsa sung tuladha, ing madya
mangun karsa, tut wuri handayani ( di depan memberikan contoh, ditengah membangun kemauan dan
semangat, dibelakang memberikan dorongan semangat sekaligus kekuatan)
Sugih tanpa bandha, digdaya tanpa
aji, nglurug tanpa bala, menang tanpa ngasorake (kaya tanpa harta, sakti tanpa
ajian/jimat, berperang tanpa bala tentara, menang tanpa merendahkan yang
dikalahkan)
Durung menang yen durung wani kalah,
durung unggul yenm durung wani asor, durung gedhe yen durung wani cilik (belum menang jika belum berani
kalah, belum unggul jika belum berani rendah/berada di bawah, belum besar jika
belum berani menjadi kecil)
Susah padha susah, seneng padha
seneng, eling padha eling, pring padha pring (susah sama-sama susah, senang sama-sama senang,
ingat sama-sama ingat, bambu sama-sama bambu)
Sinau maca mawi kaca sinau maos mawi
raos (belajar
membaca dengan kaca, belajar membaca dengan rasa)
Aja dumeh (jangan sok)
Kebat kliwat, ngangsa marakake
brahala (terlampau
cepat akan kelwat, loba akan membawa malapetaka)
Dadiya lakunireku, cegah dhahar lawan
guling , lan aja sukan-sukan , anganggowa sawatawis, ala watrakake womg suka,
nyuda prayitnaning batin (jadikanlah perilaku sehari-hari, mengurangi makan dan tidur, jangan
pesta pora, gunakan batasan jika sedang berpesta, karena pesta itu jelek, dapat
mengurangi kewaspadaan batin)
Rumangsa melu handarbeni, wajib melu
hangrungkebi, mulat sarira hangrasa wani (merasa ikut memiliki, wajib ikut membela, mau mawas diri
dan berani mengakui perbuatannya).
Nilai-nilai luhur dan kepercayaan
terhadap Tuhan Yang Maha Esa
Dr.
Abdurrahman, tentang Pemberdayaan penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang
Maha Esa (2004) melakukan penelitian terkait dengan penghayat kepercayan
terhadap Tuhan Yang Maha Esa dimana hasilnya menyebutkan bahwa pemberdayaan
dilakukan terhadap penghayat karena mereka memiliki potensi yang bisa
dikembangkan, dan memiliki kelemahan-kelemahan yang bisa diminimalisasi.
Potensi yang bisa dikembangkan, antara lain eksistensi penghayat dijamin oleh
undang-undang, jumlah warga dan organisasi penghayat yang secara kuantitatif
banyak dan kemauan serta tekad penghayat untuk melestarikan dan mengembangkan
budaya spiritual yang cukup tinggi, sedangkan kelemahan penghayat antara lain,
manajemen organisasi yang masih lemah, kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai
warga negara masih rendah, dan tingkat pendidikan dan ekonomi penghayat pada
umumnya masih dibawah rata-rata. Pemberdayaan dilakukan dengan model kemitraan
yang menempatkan posisi fasilitator dan penghayat dalam posisi kesetaraan.
Posisi fasilitator dalam hal ini adalah pemerintah tidak lebih menojol dan
menentukan dibandingkan dengan penghayat.
Sedangkan M. Nur Rasyki, Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha
Esa dalam perspektif Hak Azasi Manusia,(2004)
Manusia sebagai makhluk (ciptaan) yang dianugerahi akal (rasio)
untuk berpikir mempunyai naluri untuk mencari siapa khalik (pencipta)-Nya.
Proses pencarian ini menjadi semakin penting manakala timbul kesadaran yang
mendalam bahwa manusia sebagai makhluk mempunyai berbagai keterbatasan dan
kelemahan yang menciptakan ketergantungan pada kekuatan yang lebih besar atau
lebih tepat dikatakan kekuatan yang maha besar yang mampu memberi perlindungan
dan keselamatan kepada manusia dalam hidupnya.
Penelitian mencoba untuk menguraikan antara kebebasan
beragama dengan hak asasi manusia dan hubungan antara agama dan kepercayaan
dengan hak asasi manusia yaitu instrumen-instrumen hak asasi manusia
internasional dan nasional.
Hasil yang dicapai bahwa tidak ada batasan yang jelas antara
agama dengan kepercayaan yang terdapat dalam masyarakat. Namun demikian, suatu
agama biasanya diterima lebih luas oleh berbagai kelompok masyarakat. Dengan
berbekal rasio setiap manusia mempunyai kemampuan untuk mempercayai atau tidak
mempercayai sesuatu termasuk mempercayai adanya Tuhan. Oleh karena itu, semua
orang merupakan individu yang bebas dalam menetapkan kepercayaan atau memilih
agama yang diyakini. Hal ini menunjukkan bahwa urusan kepercayaan merupakan
hubungan bilateral antara manusia sebagai individu dengan Tuhannya. Sedangkan
sistem yang membentuk kepercayaan atau agama tersebut merupakan instrumen untuk
merealisasikan tujuan dari hubungan manusia dengan Tuhannya.
Oleh karenanya perlu
juga dijelaskan mengenai pengertian agama itu sendiri, dimana Pengertian dan
definisi agama menurut para ahli. Agama menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
adalah sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan
peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan
dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.
Émile Durkheim mengatakan bahwa agama adalah suatu
sistem yang terpadu yang terdiri atas kepercayaan dan praktik yang berhubungan
dengan hal yang suci. Kita sebagai umat beragama semaksimal mungkin berusaha
untuk terus meningkatkan keimanan kita melalui rutinitas beribadah, mencapai
rohani yang sempurna kesuciannya.Sedangkan menurut Bahrun Rangkuti, seorang
muslim cendekiawan sekaligus seorang linguis, mengatakan bahwa definisi dan
pengertian agama berasal dari bahasa Sansekerta; a-ga-ma. A (panjang) artinya
adalah cara, jalan, The Way, dan gama adalah bahasa Indo Germania; bahasa
Inggris Togo artinya jalan, cara-cara berjalan, cara-cara sampai kepada
keridhaan kepada Tuhan.
Selain definisi dan pengertian agama berasal dari
bahasa Sansekerta, agama dalam bahasa Latin disebut Religion, dalam
bahasa-bahasa barat sekarang bisa disebut Religion dan Religious, dan dalam
bahasa Arab disebut Din.Harun Nasution mengatakan bahwa agama dilihat dari
sudut muatan atau isi yang terkandung di dalamnya merupakan suatu kumpulan
tentang tata cara mengabdi kepada Tuhan yang terhimpun dalam suatu kitab,
selain itu beliau mengatakan bahwa agama merupakan suatu ikatan yang harus
dipegang dan dipatuhi.
Tajdab,dkk (1994:37) menyatakan bahwa agama berasal
dari kata a, berarti tidak dan gama, berarti kacau, kocar-kacir. Jadi, agama
artinya tidak kacau, tidak kocar-kacir, dan/atau teratur. Maka, istilah agama
merupakan suatu kepercayaan yang mendatangkan kehidupan yang teratur dan tidak
kacau serta mendatangkan kesejahteraan dan keselamatan hidup manusia.
Jadi, agama adalah jalan hidup yang harus ditempuh
oleh manusia dalam kehidupannya di dunia ini supaya lebih teratur dan
mendatangkan kesejahteraan dan keselamatan.
Setelah agama Nasrani masuk ke Indonesia, muncul istilah baru yang diidentikkan dengam istilah agama, yaitu “religion” (bhs Inggris) yang berasal dari bahasa Latin yaitu dari kata “relegere” yang artinya berpegang kepada norma-norma. Dalam bahasa Indonesia kata religion dikenal dengan sebutan “religi” dibaca reliji. Istilah ini erat kaitannya dengan sistem dan ruang lingkup agama Nasrani yang menunjukkan hubungan tetap antara manusia dengan Tuhan saja. Dalam Islam kata agama merupakan arti dari kata “ad- diin” yang berarti pengaturan hubungan manusia dengan Tuhan (vertikal) dan hubungan manusia dengan manusia, termasuk dengan dirinya sendiri dan alam lingkungan hidupnya (horisontal).
Setelah agama Nasrani masuk ke Indonesia, muncul istilah baru yang diidentikkan dengam istilah agama, yaitu “religion” (bhs Inggris) yang berasal dari bahasa Latin yaitu dari kata “relegere” yang artinya berpegang kepada norma-norma. Dalam bahasa Indonesia kata religion dikenal dengan sebutan “religi” dibaca reliji. Istilah ini erat kaitannya dengan sistem dan ruang lingkup agama Nasrani yang menunjukkan hubungan tetap antara manusia dengan Tuhan saja. Dalam Islam kata agama merupakan arti dari kata “ad- diin” yang berarti pengaturan hubungan manusia dengan Tuhan (vertikal) dan hubungan manusia dengan manusia, termasuk dengan dirinya sendiri dan alam lingkungan hidupnya (horisontal).
Menurut A.M. saefuddin (1987), menyatakan bahwa agama
merupakan kebutuhan manusia yang paling esensial yang besifat universal. Karena
itu, agama merupakan kesadaran spiritual yang di dalamnya ada satu kenyataan di
luar kenyataan yang nampak ini, yaitu bahwa manusia selalu mengharap belas
kasihan-Nya, bimbingan-Nya, serta belaian-Nya, yang secara ontologis tidak bisa
diingkari, walaupun oleh manusia yang mengingkari agama (komunis) sekalipun.
Menurut Sutan Takdir Alisyahbana (1992), agama adalah
suatu system kelakuan dan perhubungan manusia yang pokok pada perhubungan
manusia dengan rahasia kekuasaan dan kegaiban yang tiada terhingga luasnya, dan
dengan demikian member arti kepada hidupnya dan kepada alam semesta yang
mengelilinginya.
Menurut Sidi Gazalba (1975), menyatakan bahwa religi
(agama) adalah kecendrungan rohani manusia, yang berhubungan dengan alam
semesta, nilai yang meliputi segalanya, makna yang terakhir, hakekat dari
semuanya itu.
Dari ketiga pendapat tersebut, kalau diteliti lebih
mendalam, memiliki titik persamaan. Semua menyakini bahwa agama merupakan :
1. Kebutuhan
manusia yang paling esensial.
2. Adanya
kesadaran di luar diri manusia yang tidak dapat dijangkau olehnya
3. Adanya
kesabaran dalam diri manusia, bahwa ada sesuatu yang dapat membimbing,
mengarahkan, dan mengasihi di luar jangkauannya.
Pengertian Agama Arti dan Definisi Agama. Apa pengertian
Agama itu? Kata agama berasal dari bahasa sanskerta “A” berarti tidak dan
“GAMA” berarti kacau. Sehingga agama berarti tidak kacau. Atau dapat diartikan
suatu peraturan yang bertujuan untuk mencapai kehidupan manusia ke arah dan
tujuan tertentu.
Dilihat dari sudut pandang kebudayaan, agama dapat berarti
sebagai hasil dari suatu kebudayaan, dengan kata lain agama diciptakan oleh
manusia dengan akal budinya serta dengan adanya kemajuan dan perkembangan
budaya tersebut serta peradabanya. Bentuk penyembahan Tuhan terhadap umatnya
seperti pujian, tarian, mantra, nyanyian dan yang lainya, itu termasuk unsur
kebudayaan.
Dari pengertian tersebut diatas, maka tidak berkelebihan
apabila dengan keterbukaan iklim sosial yang sedikit banyak memicu munculnya
ekspresi-ekspresi spiritualisme baru secara organisatoris (terang-terangan),
berbeda dengan masa-masa sebelumnya. Bahkan dapat dikatakan munculnya penghayat
kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa ini karena sebagian besar orang Jawa
butuh mencari dan menemukan hakikat alam semesta, intisari kehidupan dan
hakikat Tuhan.
Di Jawa Timur banyak organisasi/paguyuban penghayat
kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa seperti Persada, Sumarah, Kapribaden,
Trimurti Naluri Majapahit, Perguruan Ilmu Sejati, Kawuh jiwa diri pribadi,
PAMU, Pangestu, Jawa Dwipa, olah rasa sejati dan lain sebagainya. Tetapi
menarik untuk dikemukakan disini beberapa dari organisasi yang sampai sekarang
masih terjadi diskusi yang panjang, antara lain :
a. Susila Budi Dharma (SUBUD)
Didirikan tahun 1925 di Semarang oleh R.M.Muhammad Subuh
Sumohadiwijoyo. Sekarang berpusat di Jakarta dan resmi dibentuk sebagai
organisasi 1 pebruari 1947 di Yogyakarta.
Dalam sejarahnya Subuh memperoleh semacam pengalaman gaib
atau spiritual pada tahun 1925 yang kemudian dikembangkan menjadi latihan
kejiwaan dan intinya adalah pasrah kepada Tuhan. Karena itulah oleh pendirinya
Subud tidak dimaknai sebagai penghayat kepercayaan melainkan “Pusat Latihan
Kejiwaan”.
Sesuai pernyataan dan ajaran pendirinya, terdapat sejumlah
norma yang bisa dicatat sebagai identitas subud, antara lain :
1. Subud bukan agama baru, bukan bagian dari agama yang ada,
juga bukan ilmu. Subud hanyalah merupakan lambang cara hidup manusia sempurna;
2. Apa yang dicapai seseorang dalam latihan kejiwaan subud
sungguh-sungguh merupakan kehendak Tuhan dan terjadi karena memang demikianlah
kehendak Tuhan atas diri pelakunya. Hal itu sesuai dengan ajaran dalam
kitab-koitab suci agama samawi. Bahwa Tuhan selalu dekat dengan manusia dan
jika manusia mau mendekat padaNya. Tuhan akan memberikan apa saja yang
dibutuhkan oleh manusia;
3. Untuk mengerti kehendak Tuhan tidak ada jalan lain bagi
manusia kecuali betul-betul menyerah. Itulah yang dilakukan dalam latihan
kejiwaan Subud. Yaitu menyerahkan diri tanpa menggunakan akal pikiran, hati dan
nafsu. Karena akal pikiran, hati dan nafsu selalu menghalang-halangi jika mau
mendekat Tuhan untuk menerima jatah yang diberikan kepada manusia;
4. Subud tidak mempunyai ajaran, tidak ada yang perlu
dipelajari, kecuali sungguh-sungguh menyerah kepada Tuhan. Asal manusia pasrah
dengan ikhlas dan jujur, Tuhan akan memayungi dan menuntun dirinya;
5. Dalam latihan kejiwaan subud seseorang tidak boleh mempunyai
kemauan atau permohonan apapun. Dia hanya sekedar menerima apa yang diberikan
Tuhan kepada dirinya dan yang bersangkutan hanya berusaha membuka
potensi-potensi yang sudah ada di dalam diri mereka;
6. Dalam berserah diri itu masing-masing orang harus menemukan
dan menempuh jalannya sendiri-sendiri. Bagi pemeluk Islam, sebelum bertindak
dianjurkan mengucap bismillaahirohmaanirrohiim
b.
Paguyuban Ngesti Tunggal (Pangestu)
Pangestu cenderung disebut sebagai wadah pendidikan budi
pekerti dan pengolahan jiwa yang mengutamakan konsep persatuan. Didirikan di
Surakarta tanggal 20 mei 1949, sementara ajaran pangestu sudah diwahyukan sejak
14 pebruari 1932 kepada R. Soenarto Mertowardojo di Surakarta.
Dalam buku Sabda-sabda Pratama yang diterbitkan oleh
Pangestu, wahyu diterima oleh R. Soenarto dalam tiga tahap.Pertama, berupa
penegasan bahwa ilmu sejati merupakan petunjuk nyata tentang jalan yang benar
menuju asal dan tujuan hidup, kedua, berupa pernyataan Sang Suksma sejati
tentang siapakah dirinya dan apakah tugasnya serta siapakah Suksma Kawekas itu,
ketiga, berupa sabda yang meneguhkan hati R. Soenarto dalam menjalankan tugas
menaburkan terang dan janji akan diberikannya dua orang pembantu, yaitu
Hardjoprakoso dan Soemodihardjo untuk mencatat sabda-sabda Sang Suksma Sejati.
Pangestu memiliki pedoman dasar yang disebut dasa sila
sebagai sikap hidup keluar dan kedalam bagi anggotanya, yaitu :
1. Berbakti kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Berbakti kepada utusan Tuhan
3. Setia kepada khalifatullah
( pembesar negara) dan undang-undang negara
4. Berbakti kepada tanah air
5. Berbakti kepada orang tua (ayah ibu)
6. Berbakti kepada saudara tua
7. Berbakti kepada guru
8. Berbakti kepada ajaran kautaman
9. Kasih sayang kepada sesama hidup
10. Menghormati semua agama
Sedangkan
ajaran sang guru sejati Pangestu sendiri pada intinya terdiri dari enam pokok,
sebagai berikut :
1. Mengingatkan semua umat yang lupa akan kewajiban suci yaitu
mereka yang ingkat (murtad) akan perintah Allah
2. Menunjukkan jalan yang benar, yaitu jalan utama yang berakhir
dalam kesejahteraan, ketentraman dan kemuliaan abadi
3. Menunjukkan adanya jalan simpangan yang berakhir dalam
kegelapan, kerusakan dan kesengsaraan
4. Menunjukkan larangan Tuhan yang harus dijauhi, jangan sampai
dilanggar
5. Menunjukkan adanya hukum abadi
6. Menerangkan tentang dunia besar dan dunia kecil (alam semesta
seisinya)
c.
Perguruan Ilmu Sejati
Paguyuban ilmu sejati berpusat di desa Sukorejo Kec. Saradan
Madiun. Diciptakan oleh R. Soejono Prawiro Soedarso pada 13 Oktober 1926 yang
pernah belajar agama Islam kepada H. Samsudin di Bojonegoro selama 3 tahun dan
menurut pengakuannya ilmu sejati berlandaskan pada kesucian yan bersumber dari
ajaran Islam, Kristen dan Budha. Pernyataan tersebut dibuktikan oleh ilmu
sejati mengajarkan sadat (syahadat) yang berbunyi “Ashadu allah ananingsun, anane ambegan, anane rasul, anane johar. Wa
ashadu anane urip, anane Mukamad, anane nur, nur tegese padhang, johar tegese
padhang. Mukamad lan Rasul iku tegese cahya, nur johar tegese padhang”
Dalam ajaran ilmu sejati ditegaskan pula :
1. Hidup wajib mengerti letak dasar iman, yaitu lafal (ucapan)
·
Laa ilaaha
·
Ilallah
·
Allah
2. Wajib memenuhi rukun islam
·
Sahadat supaya
mengerti letaknnya
·
Salat mrenjalankan
serta mengerti maksudnya
·
Jakat agar mulia awal
– akhir
·
Puasa (saum) agar suci
awal – akhir
·
Kaji agar sempurna
betul
3. Memenuhi sembah lima (tata sila) yaitu
·
Bapak ibu , karena mereka
yang menjadi sebab dilahirkan ke dunia
·
Mertua laki istri.
Karena mereka yang memberi kesenangan di dunia
·
Saudara tua, sebagai
ganti orang tua
·
Raja, harus mengikuti
apa yang menjadi ketetapan atau perundang-undangan pemerintah republik
Indonesia
·
Guru, karena dia yang
memberi ajaran yang benar sehingga terang hatinya dan berguna hidupnya di dunia
awal - akhir
d.
Sapta Darma
Didirikan tahun 1955 oleh Hardjosapoero yang bergelar
Panuntun Sri Gutomo, yang berasal dari desa Keplakan, Pare Kediri. Wahyu kerohanian
Sapta Darma diterima oleh Hardjosapoero pada tanggal 26 Desember 1952 (jumat
wage). Buku tuntunannya berjudul Kitab Pewarah Sapta Darma.
Aaspek-aspek penting dari Paguyuban Dapta Darma, antara lain
:
1. Ajaran Kerohanian Sapta Darma bertujuan membantu mewujudkan
kebahagiaan pengikut-pengikutnya baik di dunia maupun di akhirat. Intisari
ajaran ini adalah untuk membentuk pribadi manusia yang asli berdasarkan
keluhuran budi, serta menjadikan penghayatnmya memiliki sikap satria utama.
2. Sapta Darma mewajibkan warganya menyembah Allah Yang Maha
Kuasa dan menjalankan hidupnya berdasarkan tujuh kewajiban suci (darma), agar
selamat hidup dunia dan akhirat. Intisari ajaran Saptadarma bersumber pada
sujud dan pelaksnaan wewarah tujuh :
a. Setia kepada Allah Yang Maha Agung, Maha Rokhim, Maha Adil,
Maha Wasesa dan Maha Langgeng
b. Dengan jujur dan suci hati melaksanakan perundang-undangan
negaranya
c. Turut serta menyuingsingkan lengan baju demi mempertahankan
nusa dan bangsanya
d. Bersikap suka menolong kepada siapa saja tanpa mengharapkan
balasan, melainkan hanya berdasarkan rasa cinta dan kasih
e. Berani hidup berdasarkan pada kepercayaan atas kekuatan diri
sendiri
f.
Hidup bermasyarakat
selalu bersikap kekeluargaan, dengan senantiasa memperhatikan kesusilaan serta
halusnya budi pekerti, dan selalu menjadi penunjuk jalan yang mengandung jasa
serta memuaskan
g. Meyakini bahwa keadaan dunia itu tidak abadi dan selalu
berubah-ubah sehingga warga dalam hidup bermasyarakat tidak boleh bersifat
statis dogmatis, tetapi harus selalu, penuh dinamika.
3. Allah dalam ajaran Sapta Darma disebut Yang Maha Kuasa atau
Allah atau Sang Hyang Widi. Allah adalah zat yang mutlak, bebas dari segala
hubungan sebab akibat dan justru sumber dari segala sebab akibat. Ajaran
tentang Allah dalam Sapta Darma hanya sebatas dalam uraian diatas, ditambah
lagi dengan sifat-sifat Allah seperti Yang Maha Agung, Maha Rakhim, Maha Adil,
Maha Wasesa dan Maha Langgeng. Kelima sifat Allah tersebut disebut Pancasila
Allah sesuai dengan wahyu yang diterima oleh Hardjosapoero.
4. Sapta Darma mengajarkan bahwa manusia adalah kombinasi dari
roh dan benda. Roh itu adalah sinar cahaya Allah , sehingga manusia dapat
berhubungan dengan Allah. Sedangkan benda adalah tubuh manusia itu sendiri.
Kombinasi antara roh dan benda ini ada karena perantaraan orang tua yaitu bapak
dan ibu. Menurut Sapta Darma, manusia adalah makhluk tertinggi di atas hewan
dan tumbuhan. Oleh karena itu di dalam tubuh manusia terdapat radar, yang
apabila dipelihara dengan baik dapat memberikan kewaspadaan dalam menjalani
hidup.
5. Manusia umumnya mengkomsumsi makanan yang berasal dari hewan
dan tumbuhan. Dari makanan itu timbul efek samping yang bersifat baik atau
buruk. Karena itulah manusia perlu menaklukkan diri sendiri, mengalahkan
dorongan (pengaruh) hawa nafsunya sendiri.
6. Ritual dalam Sapta Darma digunakan oleh warganya untuk
mencapai kelepasan, dengan cara bersujud dan mengamalkan wewerah pitu.
e.
Sumarah
Paguyuban Sumarah didirikan tahun 1935 oleh R.Ng.
Soekirnohartono, seorang abdi dalam Kasultanan Yogyakarta yang ditugaskan
sebagai mantri pamicis. Beliau dilahirkan pada tanggal 27 (26 malam) desember
1897 di desa Munggi, Kapanewon semanu. Kabupaten Gunung kidul dari keluarga R.
Wirowedono. Sumarah merupakan ilmu kebatinan dengan jalan sujud sumarah
(menyerahkan diri) sampai terwujudnya penyatuan jiwa dengan Tuhan Yang Maha
Esa.
Sumarah yang dimaksud adalah tingkat kesadaran manusia untuk
berserah diri seutuhnya kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tujuan utama ajaran ini
adalah untuk mencapai kesempurnaan hidup di dunia dan akhirat. Kesempurnaan
hidup akan diperoleh jika manusia berbuat baik terhadap sesama, alam dan
berbakti kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu diajarkan juga tentang wahyu
jati diri, patuh pada perintah, reinkarnasi, persekutuan dengan Allah dan
bagaimana menjadi manusia seutuhnya.
Sesanggeman (kewajiban) yang harus dipatuhi warga Paguyuban
Sumarah adalah :
1.
Sanggem tansah enget dhateng Allah, sumingkir saking raos
pandaku, kumingsun, pitados dhateng kasunyatan saha sujud sumarah ing Allah
2.
Marsudi sarasing sarira, tentreming panggalih saha sucining
rohipun, mekaten ugi ngutamekaken watakipun, dalah muna muni tuwin tandukipun
3.
Ngraketaken pasedherekan adhedhasar rasa sih
4.
Sanggem tumindhak saha makarti, anjembaraken wajibing
ngagesang, sarta anggatosaken preluning bebrayan umum, netepi wajibing warga
negara, tumuju dhateng kamulyan saha kaluhuran, ingkang mahanani tata
tentreming jagad raya
5.
Sanggem tumindak leres, ngestoaken angger-angger nagari tuwin
ngaosi ing sasami, mboten nacat kawruhing liyan, malah tumindak kanthi sih,
murih sadaya golongan, para ahli kebatosan tuwin sadaya agami saged nunggil
gegayuhan.
6.
Sumingkir saking pandamel awon, maksiyat jahil, drengki lan
sasaminipun. Sadaya tindak tuwin pangandika sarwa prasaja sarta nyata kanthi
sabar saha titi, mboten keseso, mboten sumengko
7.
Taberi ngudi jembaring seserepan lahir batos
8.
Mboten fanatik, namung pitados dhateng kasunyatan, ingkang
tundhonipun murakabi dateng bebrayan kasunyatan.
Sumarah
mengajarkan bahwa keberadaan manusia terdiri dari badan atau wadah (jasmani),
badan nafsu dan jiwa (roh. Badan/wadah merupakan unsur jasmani manusia yang
tersusun dari empat anasir. Badan nafsu merupakan percikaan Tuhan dengan
perantara iblis. Manusia mempunyai empat nafsu yaitu nafsu mutmainah yang
merupakan sumber perbuatan baik dan alat untuk menemukan Tuhan, nafu amarah,
merupakan sumber kemarahan dan kedurhakaan, nafsu suwiyah yang menjadi sumber
erotik, pengundang birahi dan nafsu lawamah menjadi sumber keakuan/egoisme
dalam diri manusia.
Disamping
nafsu manusia juga mempunyai jiwa atau roh yang berasal dari roh suci (Tuhan).
Sementara rasa yang sangat dekat dengan jiwa terdapat di dalam dada.
f.
Paguyuban Sastro Jendra Hayuningrat Pangruwating diyu
Didirikan oleh KRMH Darudriyo Sumodiningrat di Surakarta pada
tanggal 11 Juli 1965. Dalam buku wingit yang merupakan buku pedoman utama yang
disimpan oleh Ki Harsono selaku sesepuh dapat dipahami tentang konsep Tuhan,
bahwa “Pangeran iku sejatine ana, tan
kena kinayangapa, hangebegi, kinarya asal usuling dumadi” artinya Tuhan
sesungguhnya ada, tidak dapat dibayangkan, berada dimana saja, sebagai asal
usul makhluk. Adapun konsep manusia itu ada karena berasal dari daya panguwasaning Pangeran, yang
manjing kedalam dirinya dalam bentuk getering
dahana (api), getering tirta (air)
getering maruto (angin) dan getering bantala (bumi). Keempat anasir
itu hidup akan membentuk guwaya (aura) manusia yang kelak akan kembali menyatu
dengan Pangeran.
Sastra Jendra Hayuning Rat Pangruwating Diyu mempunyai arti :
Sastra berarti tulisan, Jendra artinya raja. Sastra jendra berarti tulisan yang
amat luhur, yang juga memuat upaya penghayat untuk mencapai keselamatan hidup,
dengan cara menanggalkan hawa nafsu.
Wujud tulisan rahasia tersebut, antara lain :
Ha : huripku cahayane Gusti Allah
Na : Nur urip cahya wewayangan
Ca : Cipta, rasa karsa kuwasa
Ra : Rara rasa rumangsa kang tanpa karsa
Ka : Karsa, rasa kuwasa tetulunging pangreh
Da : Dumadi kang tanpa kinardi
Ta : Tetep dumadining dzat kang tanpa niat
Sa : Sipat ana tanpa wiwit
Wa : Wujude ana tan kena kinira
La : Lali eling wewatesane
Pa : Papan kang tanpa keblat
Dha : Dhuwur wekasane endek wiwitane
Ja : Jumbuhing kawula lan Gusti
Ya : Yen rumangsa kan tanpa karsa
Nya : Nyata tanpa mata ngerti tanpa diwarahi
Ma : Mati bisa lali
Ga : Guru sejati kang amuruki
Ba : Bayu sejati andalani
Tha : Thukul saka niat
Nga : Ngracut busananing menungsa
NILAI-NILAI LUHUR
DALAM MASYARAKAT JAWA
Dari uraian tersebut diatas terlihat jelas bagaimana
sebenarnya nilai-nilai luhur yang ada dalam masyarakat Jawa dapat dikategorikan
menjadi beberapa perspektif, antara lain :
1.
Perspektif masyarakat jawa tentang kehidupan dunia
Pandangan masyarakat Jawa tentang makna hidup manusia di
dunia ditampilkan secara rinci, realistis, logis dan mengena bahwa hidup ini
diumpamakan sekadar sebagai mampir ngombe, hidup hanya sekejap,
dibandingkan dengan kelak hidup di alam keabadian. Tugas manusia adalah menjaga
karena jasad hanya merupakan pinjaman Tuhan. Tuhan memimjamkan raga kepada ruh,
dan ruh harus mempertanggung jawabkan barang pinjamannya sebagaimana barang
pinjaman tersebut bersifat suci dan harus dikembalikan dalam keadaan suci.
Untuk itulah masyarakat jawa mempercayai adanya perjanjian
gaib antara Tuhan dengan manusia dan dapat diibaratkan sebagai sebuah kontrak
terdapat kalusul sebab akibat, pengingkaran atas isi klausul merupakan
konsekuensi logisnya. Misalnya ngundhuh wohing pakarti, siapa yang
menanam baik, pasti akan menuai kebaikan, demikian pula sebaliknya
2.
Perspektif masyarakat Jawa tentang pahala, dosa, kebaikan dan
keburukan
pahala, dosa, kebaikan dan keburukan merupakan empat hal yang
saling bersinergi dan merupakan hukum sebab akibat, oleh karenanya masyarakat
Jawa tidak pernah menghitung pahala yang akan diterimanya, dan masyarakat jawa
memiliki tingkat kesadaran bahwa kebaikan-kebaikan yang dilakukan bukan
dilandasi oleh rasa takut atau intimidasi dosa, melainkan kesadaran kosmik
bahwa setiap perbuatan baik kepada sesama merupakan sikap adil dan baik kepada
diri sendiri. Kebaikan kita kepada sesama adalah kebutuhan dan setiap kebaikan
akan kembali kepada diri kita sendiri. Bahkan satu kebaikan akan kembali kepada
diri kita berlipat ganda.
3.
Perspektif masyarakat Jawa terhadap Tuhan
Konsep Tuhan mencakup konsep siapa yang disembah (sesembahan)
dan siapa yang menyembah (panembah), Menurut Prof. Purbacaraka dan termaktub
dalam kitab Tantu Panggelaran, konsep awal Tuhan Jawa adalah tunggal atau esa,
yaitu Sang Hyang Tunggal/Sang Hyang Wenang yang mnerupakan konsep transenden
(di luar kemampuan manusia), imanen (berada dalam kesadaran atau akal budi) dan
esa.
Sementara itu R.Ng. Ranggawarsito dalam bukunya Paramayoga
pernah mengutarakan sebutan sesembahan Jawa, antara lain Sang Hyang Suksma
Kawekas, Sang Hyang Suksma Wisesa, Sang Hyang Amurbeng Rat, Sang Hyang Sidhem Permanem,
Sang Hyang Maha Luhur, Sang Hyang Wisesaning Tunggal, Sang Hyang Wenaning
jagad, Sang Hyang Maha Tinggi, Sang Hyang Manon, Sang Hyang Maha Sidhi, Sang
Hyang Warmana, Sang Hyang Atmaweda dan lain sebagainya.
Konsep Ketuhanan masyarakat Jawa paling sedikit mengandung
tiga hal, pertama, kita bisa hidup karena ada yang menghidupi, dan yang memberi
hidup serta menghidupkan kita adalah Gusti Kang Murbeng Dumadi atau Tuhan Yang
Maha Esa. Kedua, hendaknya dalam hidup ini kita harus berpegang pada rasa dan
pangrasa dan yang ketiga jangan suka memaksakan kehendak kepada orang orang
lain.
4.
Perspektif masyarakat Jawa terhadap Alam
Masyarakat Jawa mengenal tiga macam alam yang dikenal dengan
istilah purwa,madya dan wasana atau alam fana, alam gaib dan alam tunggu. Alam
fana dihuni oleh manusia, binatang, tumbuh-tumbuhan dan makhluk hidup lainnya.
Adapun alam gaib dihuni oleh jin dan roh. Roh yang dimaksud disini adalah roh
manusia yang semasa hidupnya sangat dekat dengan Tuhan sehingga dianugerahi
ilmu dan ngilmu serta diberi kesempatan untuk terus bisa mengamalkan ilmunya
sampai hari kiamat. Sedangkan alam tunggu dihuni oleh arwah manusia yang
tenteram untuk menunggu datangnya hari kiamat.
5.
Perspektif masyarakat Jawa terhadap Sedulur papat limo pancer
Istilah sedulur papat limo pancer sampai sekarang diketahui
dan bersumber dari suluk kidung Kawedar atau disebut juga dengan kidung Sarira
ayu, bait 41 dan 42. Dan juga disadari bahwa sampai sekarang masih banyak
penafsiran yang berbeda terkait dengan sedulur papat limo pancer. Hal ini
disebabkan karena dalam tembang tamsil, uraiannya pendek-pendek, masih
menggunakan bahasa jawa madya, dan suluk yang dimaksudkan sebagai unsur dakwah
menyusup secara halus ke dalam adat budaya.
KutipanTembang tersebut, antara lain :
Bait 41
Ana kidung
akadang premati, among tuwuh ing kawasanira, nganakaken saciptane, kakang kawah
punika, kang rumeksa ing ngawak mami, anekakaken sedya ing kawasanipun, adhi
ari-ari ika, kang mayungi ing laku kawasaneki, anekakaken pangarah
Bait 42
Ponang getih ing
rina wengi, ngrewangi Allah kang kuwasa, andadekaken karsane, puser
kawasanipun, nguyu-uyu sabawa mami, nuruti ing panedha, kawasanireki, jangkep
kadang ingsun papat, kalimane pancer wus dadi sawiji, tunggal sawujud ing wang.
Dari bait 41 dan 42 inilah yang akhirnya menjadikan persepsi
yang berbeda-beda dan sangat bergantung dari mana seseorang melihatnya, antara
lain :
a. Berupa fisik ragawi yaitu ketuban, ari-ari, darah dan tali
pusar, sedangkan yang kelima adalah ruh yang menyatu dalam diri kita. Meskipun
ketuban, ari-ari, darah dan tali pusar secara fisik setelah seseorang lahir di
dunia sudah tidak berguna, tetapi masyarakat Jawa masih meyakini bahwa keempat
saudaranya masih tetap akan menjaga dan membantu apabila kita senantiasa peduli
terhadap mereka.
b. Berupa empat nafsu
yang berada dalam diri manusia dan yang kelima adalah hati nurani manusia itu
sendiri.
c. Berupa empat anasir alam yang membentuk jasad manusia yaitu
tanah, air, angin dan api sedangkan unsur yang kelima adalah diri dan jiwa manusia
itu sendiri.
d. Berupa cipta, rasa, karsa dan karya serta jati diri manusia.
Keempat hal itulah yang dilambangkan dengan tokoh pewayangan, Cipta disimbolkan
sebagai tokoh semar, rasa sebagai gareng, karsa sebagai tokoh petruk, karya
sebagai tokoh bagong dan jati diri manusia sebagai tokoh striya antara lain
arjuna.
e. Berupa empat malaikat yang menjaga setiap orang. Penafsiran
ini seiring dengan masuknya Islam ke pulau Jawa, yaitu Jibril, Mikail, Israfil
dan Izrail, dan oleh ajaran sufi tertentu, kepercayaan tersebut disejajarkan
dengan empatr nafsu manusia
Kesimpulan
Dari uraian
diatas dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai luhur dalam masyarakat Jawa sampai
saat ini masih tetap aktual, tetapi akibat terpaan budaya asing dan
globalisasi, raih kesesaat ini sedikit demi sedikit mulai tergerus.
Pada prinsipnya
semua orang bahkan makhluk yang ada di dunia selalu mencari keselamatan apakah
itu orang baik-baik, orang jahat, binatang maupun tumbuh-tumbuhan. Dan
masyarakat Jawa mempercayai dalam meraih keselamatan tentunya banyak terjadi
gangguan, dan gangguan tersebut bisa berasal dari diri sendiri, orang lain
(masyarakat) alam semesta, dan hal-hal yang yang bersifat gaib (supranatural).
Dan keselamatan
tersebut akan dapat diperoleh dengan 1) melakukan pengendalian diri dengan
memperbaiki moral, akhlak dan budi pekerti 2) membangun dan menjaga harmonisasi
dalam kehidupan pribadi, hubungan sosial kemasyarakatan dan juga dengan alam
lingkungannya 3) mengamalkan nilai ajaran agama dan kepercayaannya sebaik
mungkin dalam rangka membangun keselamatan dunia akhirat.
Daftar pustaka
Abimanyu, Soedjipto, 2013, Babad Tanah Jawi terlengkap dan terasli, Yogyakarta, Laksana
Any, Andjar, 1980.
Raden Ngabehi Ronggowarsito; apa yang terjadi, Semarang, Aneka Ilmu
Bratawijaya, Thomas Wiyasa, 2000, Upacara tradisional masyarakat Jawa. Jakarta, Sinar Harapan
Ciptoprawiro, Abdullah, 1986, Filsafat Jawa. Jakarta, Balai Pustaka
Endraswara, Suwardi, 2006, Mistik Kejawen; sikretisme, simbolisme dan sufisme dalam budaya spiritual
Jawa, Yogyakarta, Narasi
Haryosugondo, R.M. 1986 Serat
Nitimani, Yogyakarta terjemahan Suwandi Mardika
Mertowardojo,R.Soenarto, 1974 Sabda-sabda pratama, Jakarta: Proyek Penerbitan dan perpusatakaan
pangestu
Soenarto,R. 1954, Serat
sasangka Jati Surakarta, Pangestu
Yasadipura II R.Ng. 1928 Serat
Sasana Sunu, Yogyakarta Dwiwarna
No comments:
Post a Comment