Search This Blog

1 Jun 2020

SOP (STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR) RAPAT, SARASEHAN, SEMINAR, WORKSHOP, DAN PERTUNJUKAN

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR RAPAT  INTERNAL

(DISAAT COVID 19/ NEW NORMAL)

 

KEGIATAN RAPAT

 

PEDOMAN TEMPAT RAPAT

1.      TEMPAT RAPAT HARUS SELALU DISTERILKAN MENGGUNAKAN DESINFEKTAN MINIMAL 2 JAM SEBELUM DAN SESUDAH RAPAT SELESAI

2.      TERSEDIANYA SARANA PRASARANA KESEHATAN SESUAI DENGAN PROTOKOL COVID-19 ANTARA LAIN : THERMOGUN, HANDSANITIZER, TEMPAT CUCI TANGAN, DAN MASKER

3.      PENGATURAN PESERTA RAPAT  DENGAN MEMANFATKAN 50% DARI KAPASITAS TEMPAT DUDUK YANG TERSEDIA.

4.      TERSEDIANYA INFORMASI / PETUNJUK PROTOKOL KESEHATAN DI RUANGAN RAPAT

 

 

PEDOMAN PESERTA RAPAT

1.      PESERTA RAPAT WAJIB MEMAKAI MASKER, MENCUCI TANGAN DENGAN SABUN ATAU MENGGUNAKAN HANDSANITIZER DAN PENGECEKAN SUHU TUBUH MENGGUNAKAN THERMOGUN.

 

 

ALUR RAPAT

      1.            PIMPINAN MEMERINTAHKAN RAPAT INTERNAL

      2.            PETUGAS RAPAT MEMBERSIHKAN/ MENGATUR RUANGAN RAPAT, SOUND SYSTEM, LCD DAN PERLENGKAPAN LAIN SESUAI KEBUTUHAN YANG SUDAH DI STRERILKAN SESUAI STANDAR PROTOKOLER KESEHATAN.

      3.            MENYIAPKAN DAFTAR HADIR RAPAT, ATK (RAPAT BILA PERLU), NOTULEN RAPAT, UNDANGAN (RAPAT BILA PERLU)

      4.            MENGUNDANG PESERTA UNTUK MENGIKUTI RAPAT (SESUAI ARAHAN PIMPINAN)

      5.            MENGECEK KESIAPAN PELAKSANAAN RAPAT DAN KEHADIRAN PESERTA RAPAT

      6.            MELAPORKAN KEPADA PIMPINAN RAPAT BAHWA RAPAT SIAP DIMULAI

      7.            PELAKSANAAN RAPAT INTERNAL. SEMUA PEMBAHASAN DALAM RAPAT DICATAT OLEH NOTULEN RAPAT

      8.            MEMBERSIHKAN RUANGAN RAPAT DAN MENATANYA SESUAI KONDISI SEMULA DAN DI STERILKAN SESUAI STANDAR PROTOKOLER KESEHATAN

      9.            MENGETIK/ MENCATAT NOTULEN RAPAT DAN MENYUSUNNYA DALAM BENTUK KONSEP LAPORAN HASIL PELAKSANAAN RAPAT. VALIDASI KONSEP LAPORAN HASIL PELAKSANAANRAPAT

  10.            MENGARSIPKAN LAPORAN HASIL PELAKSANAAN RAPAT







STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR SARASEHAN, SEMINAR, WORKSHOP ATAU SEJENISNYA

(DISAAT COVID 19/ NEW NORMAL)

 

KEGIATAN RAPAT

 

PEDOMAN RUANGAN TEMPAT ACARA

1.      RUANG TEMPAT ACARA HARUS SELALU DISTERILKAN MENGGUNAKAN DESINFEKTAN MINIMAL 2 JAM SEBELUM DAN SESUDAH RAPAT SELESAI

2.      TERSEDIANYA SARANA PRASARANA KESEHATAN SESUAI DENGAN PROTOKOL COVID-19 ANTARA LAIN : THERMOGUN, HANDSANITIZER, TEMPAT CUCI TANGAN, DAN MASKER

3.      PENGATURAN PESERTA DENGAN MEMANFATKAN 50% DARI KAPASITAS TEMPAT DUDUK YANG TERSEDIA.

4.      TERSEDIANYA INFORMASI / PETUNJUK PROTOKOL KESEHATAN DI RUANGAN TEMPAT ACARA

 

PEDOMAN PESERTA RAPAT

1.      PESERTA YANG MENGIKUTI ACARA, WAJIB MEMAKAI MASKER, MENCUCI TANGAN DENGAN SABUN ATAU MENGGUNAKAN HANDSANITIZER DAN PENGECEKAN SUHU TUBUH MENGGUNAKAN THERMOGUN.

 

 

ALUR RAPAT

      1.            MEMBENTUK PANITIA KEGIATAN SARASEHAN, SEMINAR, WORKSHOP ATAU SEJENISNYA

      2.            RAPAT UNTUK PELAKSANAAN (PANITIA, JADWAL, MATERI, PESERTA, NARA SUMBER, ANGGARAN, LOKASI, DLL)

      3.            MENETAPKAN SURAT TUGAS PANITIA SERTA PENGESAHAN NARASUMBER

      4.            PENGAJUAN PROPOSAL KEGIATAN DAN SUSUNAN PANITIA

      5.            PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN PROPOSAL DAN SUSUNAN PANITIA

      6.            PENETAPAN SURAT TUGAS KEPANITIAAN

      7.            RAPAT PRA-PELAKSANAAN

      8.            PENGIRIMAN UNDANGAN KE PESERTA DAN NARASUMBER

      9.            PENERIMAAN DATA PESERTA

  10.            PENCETAKAN BAHAN  UNTUK KEGIATAN (MATERI, DAFTAR HADIR, DLL)

  11.            MENERIMA REGISTERASI PESERTA  ACARA

  12.            PENJELASAN TEKNIS ACARA

  13.            PELAKSANAAN ACARA

  14.            PENGISIAN ANGKET KEPUASAN

  15.            PENYERAHAN SERTIFIKAT KEPADA PESERTA DAN NARASUMBER

  16.            RAPAT PANITIA PASCA-PELAKSANAAN ACARA

  17.            MEMBUAT LAPORAN HASIL PELAKSANAAN

  18.            RAPAT EVALUASI

 

 




SOP  KEGIATAN KEBUDAYAAN (SENI PERTUNJUKAN)

 

KEGIATAN KEBUDAYAAN DALAM RUANGAN

 

PEDOMAN TEMPAT PERTUNJUKAN

1.      TERSEDIANYA INFORMASI / PETUNJUK PROTOKOL KESEHATAN DI AREA PERTUNJUKAN

2.      AREA PERTUNJUKAN HARUS SELALU DISTERILKAN MENGGUNAKAN DESINFEKTAN MINIMAL 2 JAM SEBELUM PERTUNJUKAN DAN SETELAH SELESAI PERTUNJUKAN

3.      TERSEDIANYA SARANA PRASARANA KESEHATAN SESUAI DENGAN PROTOKOL COVID-19 ANTARA LAIN : THERMOGUN, HANDSANITIZER, TEMPAT CUCI TANGAN, DAN MASKER

4.      PENGATURAN PENONTON DENGAN MEMANFATKAN 50% DARI KAPASITAS TEMPAT DUDUK YANG TERSEDIA.

5.      TERSEDIANYA ALAT KOMUNIKASI DARURAT

6.      TEMPAT PERTUNJUKAN TERKONEKSI DENGAN RUMAH SAKIT / KLINIK YANG TERDEKAT

7.      TERSEDIANYA RUANG KESEHATAN KHUSUS YANG DILENGKAPI PROTOKOL ISOLASI

8.      AKSES MASUK DAN KELUAR PENONTON DIBEDAKAN / DIPISAH.

9.      TEMPAT PERTUNJUKAN HARUS DISEDIAKAN EXHAUST FAN.

 

PEDOMAN BAGI PENGUNJUNG / PENONTON

1.      PENGUNJUNG WAJIB MEMAKAI MASKER, MENCUCI TANGAN DENGAN SABUN, DAN PENGECEKAN SUHU TUBUH DAN DISARANKAN MENGENAKAN SARUNG TANGAN KARET / PLASTIK SEKALI PAKAI.

2.      PENGUNJUNG MENGISI FORM IDENTITAS

3.      PENGUNJUNG HARUS MENERAPKAN ETIKA BATUK DAN BERSIN

4.      MENEMPATKAN ZONA PRIORITAS BAGI PENONTON USIA 60 TAHUN KEATAS

 

PEDOMAN BAGI PENYAJI / PENAMPIL KESENIAN

1.      PENYAJI/PENAMPIL WAJIB MENGIKUTI PROTOKOL KESEHATAN

2.      MEMBATASI JUMLAH PENYAJI ATAU PENAMPIL DENGAN FORMAT MINIMALIS

3.      SETIAP PENYAJI HARUS MEMILIKI DAN MEMBAWA SURAT KETERANGAN KESEHATAN (RAPID TEST, PCR)

4.      KREATIFITAS PENYAJI / PENAMPIL HARUS MENGACU / SESUAI DENGAN PROTOKOL KESEHATAN

5.      DURASI PERTUNJUKAN MAKSIMAL 60 MENIT PERBABAK.

 

PEDOMAN PENGELOLAAN TEMPAT PERTUNJUKAN

1.      PENGELOLA TEMPAT PERTUNJUKAN HARUS BEKERJASAMA DENGAN DINAS KESEHATAN DAN BPBD (GUGUS TUGAS COVID-19) SETEMPAT

2.      PEMESANAN / RESERVASI PERTUNJUKAN HANYA DAPAT DILAKUKAN MELALUI ONLINE GUNA MENGETAHUI IDENTITAS PENGUNJUNG / PENONTON

3.      PETUGAS MELAKUKAN PENGECEKAN SUHU TUBUH (MAKSIMAL 37,5⁰C) DI PINTU MASUK TEMPAT PERTUNJUKAN DAN MEMASTIKAN MEREKA SUDAH CUCI TANGAN.

4.      DISIAPKAN PETUGAS YANG TERLATIH UNTUK MENANGANI PENONTON YANG DIINDIKASI SAKIT.

5.      DISIAPKAN PETUGAS PEMANDU KE TEMPAT DUDUK PENONTON

6.      AREA MASUK DAN KURSI PENONTON DIBERIKAN TANDA / PETUNJUK PHYSICAL DISTANCING.

7.      SEBELUM PENAMPILAN / PERTUNJUKAN SELALU DIINFORMASIKAN (BAIK AUDIO VISUAL MAUPUN MELALUI PEWARA) TENTANG PHYSICAL DISTANCING.

8.      PERTUNJUKAN DAPAT DILAKSANAKAN SETELAH MENDAPAT PERSETUJUAN / REKOMENDASI DARI GUGUS TUGAS COVID-19 DAN DINKES SETEMPAT

 

KEGIATAN KEBUDAYAAN DI LUAR RUANGAN (OUT DOOR)

 

PEDOMAN TEMPAT PERTUNJUKAN (OUT DOOR)

1.      TERSEDIANYA BERBAGAI INFORMASI / PETUNJUK PROTOKOL KESEHATAN DI AREA PERTUNJUKAN

2.      AREA PERTUNJUKAN HARUS SELALU DISTERILKAN MENGGUNAKAN DESINFEKTAN MINIMAL 2 JAM SEBELUM PERTUNJUKAN DAN SETELAH SELESAI PERTUNJUKAN

3.      TERSEDIANYA SARANA PRASARANA KESEHATAN SESUAI DENGAN PROTOKOL COVID-19 ANTARA LAIN : THERMOGUN, HANDSANITIZER, TEMPAT CUCI TANGAN, DAN MASKER

4.      PENGATURAN PENONTON DENGAN MEMANFATKAN 50% DARI KAPASITAS TEMPAT DUDUK YANG TERSEDIA (KURSI PENONTON DITATA BERJARAK)

5.      TERSEDIANYA ALAT KOMUNIKASI DARURAT

6.      TEMPAT PERTUNJUKAN TERKONEKSI DENGAN RUMAH SAKIT / KLINIK YANG TERDEKAT

7.      TERSEDIANYA RUANG KESEHATAN KHUSUS YANG DILENGKAPI PROTOKOL ISOLASI

8.      MELIBATKAN PETUGAS KEAMANAN UNTUK MENJAGA AKSES KE TEMPAT PERTUNJUKAN DAN MENGENDALIKAN JUMLAH PENONTON SERTA MEMBEDAKAN / MEMISAH AKSES MASUK DAN KELUAR PENONTON.

 

PEDOMAN BAGI PENGUNJUNG / PENONTON (OUT DOOR)

1.      PENGUNJUNG WAJIB MEMAKAI MASKER, MENCUCI TANGAN DENGAN SABUN, DAN PENGECEKAN SUHU TUBUH DAN DISARANKAN MENGENAKAN SARUNG TANGAN KARET / PLASTIK SEKALI PAKAI.

2.      PENGUNJUNG MENGISI FORM IDENTITAS

3.      PENGUNJUNG HARUS MENERAPKAN ETIKA BATUK DAN BERSIN

4.      MENEMPATKAN ZONA PRIORITAS BAGI PENONTON USIA 60 TAHUN KEATAS

 

PEDOMAN BAGI PENYAJI / PENAMPIL KESENIAN (OUT DOOR)

1.      PENYAJI/PENAMPIL WAJIB MENGIKUTI PROTOKOL KESEHATAN

2.      MEMBATASI JUMLAH PENYAJI ATAU PENAMPIL DENGAN FORMAT MINIMALIS

3.      SETIAP PENYAJI HARUS MEMILIKI DAN MEMBAWA SURAT KETERANGAN KESEHATAN (RAPID TEST, PCR)

4.      KREATIFITAS PENYAJI / PENAMPIL HARUS MENGACU / SESUAI DENGAN PROTOKOL KESEHATAN

5.      DURASI PERTUNJUKAN MAKSIMAL 120 MENIT.

 

PEDOMAN PENGELOLAAN TEMPAT PERTUNJUKAN (OUT DOOR)

1.    PENGELOLA TEMPAT PERTUNJUKAN HARUS BEKERJASAMA DENGAN DINAS KESEHATAN DAN BPBD (GUGUS TUGAS COVID-19) SETEMPAT

2.    PEMESANAN / RESERVASI PERTUNJUKAN HANYA DAPAT DILAKUKAN MELALUI ONLINE GUNA MENGETAHUI IDENTITAS PENGUNJUNG / PENONTON

3.    PETUGAS MELAKUKAN PENGECEKAN SUHU TUBUH (MAKSIMAL 37,5⁰C) DI PINTU MASUK TEMPAT PERTUNJUKAN DAN MEMASTIKAN MEREKA SUDAH CUCI TANGAN.

4.    DISIAPKAN PETUGAS YANG TERLATIH UNTUK MENANGANI PENONTON YANG DIINDIKASI SAKIT.

5.    DISIAPKAN PETUGAS PEMANDU KE TEMPAT DUDUK PENONTON

6.    AREA MASUK DAN KURSI PENONTON DIBERIKAN TANDA / PETUNJUK PHYSICAL DISTANCING.

7.    SEBELUM PENAMPILAN / PERTUNJUKAN SELALU DIINFORMASIKAN (BAIK AUDIO VISUAL MAUPUN MELALUI PEWARA) TENTANG PHYSICAL DISTANCING.

 

PEDOMAN NEW NORMAL PENYELENGGARAAN FESTIVAL DAN PARADE

1.      MAKSIMAL DIIKUTI OLEH 5 GRUP / KELOMPOK SETIAP HARI

2.      SETIAP GRUP MAKSIMAL TERDIRI 25 ORANG DAN PENYAJI DIATAS PANGGUNG MAKSIMAL 15 ORANG ATAU MENYESUAIKAN LUAS PANGGUNG (MEMENUHI PROTOKOL PHYSICAL DISTANCING)

3.      DURASI PENAMPILAN SETIAP GRUP MAKSIMAL 60 MENIT SETIAP BABAK.

4.      KREATIFITAS PENYAJI / PENAMPIL HARUS MENGACU / SESUAI DENGAN PROTOKOL KESEHATAN

5.      TEMPAT TRANSIT PESERTA DISIAPKAN SESUAI DENGAN PROTOKOL KESEHATAN.

6.      SELURUH AKTIFITAS PESERTA DAN PENONTON HARUS MELAKSANAKAN PROTOKOL KESEHATAN DAN PHYSICAL DISTANCING)

7.      SETIAP PERGANTIAN PENAMPIL HARUS DILAKUKAN STERILISASI / PEMBERSIHAN TEMPAT PERTUNJUKAN TERMASUK TEMPAT DUDUK PENONTON.

 

PEDOMAN PEMANFAATAN LATIHAN SANGGAR SENI

1.      SEMUA PELATIH DAN PESERTA PELATIHAN HARUS DINYATAKAN SEHAT DAN MENJALANKAN PROTOKOL KESEHATAN (MENGGUNAKAN MASKER, HANDSANITIZER, MENCUCI TANGAN, PENGECEKAN SUHU TUBUH)

2.      SETIAP ANGGOTA SANGGAR WAJIB MENYIAPKAN HANDSANITIZER YANG DIBAWA ATAU DISIAPKAN SANGGAR.

3.      SAAT LATIHAN HARUS DIATUR JARAK ANTAR SISWA YANG SESUAI DENGAN ATURAN PHYSICAL DISTANCING

4.      SETIAP SESI LATIHAN MAKSIMAL DIIKUTI 10 ORANG

5.      JADWAL LATIHAN / AKTIVITAS MAKSIMAL HINGGA JAM 20.00 WIB.

 

PEDOMAN PENYELENGGARAAN PAMERAN

1.      PENGUNJUNG PAMERAN HARUS MELAKSANAKAN PROTOKOL KESEHATAN (MENGENAKAN MASKER, MENCUCI TANGAN MENGGUNAKAN HANDSANITIZER / SABUN SEBELUM MASUK DAN SAAT KELUAR DARI AREA PAMERAN, SERTA DILAKUKAN PENGECEKAN SUHU TUBUH)

2.      DIBERIKAN TANDA JARAK UNTUK SETIAP PENGUNJUNG SAAT BERADA DALAM RUANG PAMERAN SESUAI PROTOKOL PHYSICAL DISTANCING.

3.      PENGUNJUNG MENGISI FORM IDENTITAS

4.      PENGUNJUNG HARUS MENERAPKAN ETIKA BATUK DAN BERSIN

5.      PENATAAN DISPLAY PAMERAN BERPEDOMAN PROTOKOL PHYSICAL DISTANCING BAGI PENGUNJUNG

6.      JUMLAH PENGUNJUNG YANG BERADA DALAM RUANGAN DIBATASI MAKSIMAL SEPARUH KAPASITAS PENGUNJUNG RUANG PAMERAN.

 

PEDOMAN PERTUNJUKAN VIRTUAL

1.      PENYAJI/PENAMPIL WAJIB MENGIKUTI PROTOKOL KESEHATAN

2.      MEMBATASI JUMLAH PENYAJI ATAU PENAMPIL, BESERTA KRU DENGAN FORMAT MINIMALIS

3.      SETIAP PENYAJI HARUS MEMILIKI DAN MEMBAWA SURAT KETERANGAN KESEHATAN (RAPID TEST, PCR)

4.      KREATIFITAS PENYAJI / PENAMPIL HARUS MENGACU / SESUAI DENGAN PROTOKOL KESEHATAN

5.      PROMOSI PUBLIKASI DIGENCARKAN MELALUI MEDIA SOSIAL YANG SEDANG POPULER / HITS

6.      MEMBERIKAN STIMULAN KEPADA PARA AUDIENCE SEBAGAI SARANA PROMOSI CHANEL.

7.      MENGUSAHAKAN AKUN MENJADI AJANG APRESIASI KARYA SENIMAN.

8.      KONTEN  BERISIKAN MATERI YANG EDUKATIF, POSTIF, INOVATIF, SERTA ENTERTAIN.

9.      PENGELOLA KONTEN HARUS MENGIKUTI TREND YANG ADA DI MASYARAKAT.

10.  PENGHASILAN DARI AKUN YOUTUBE DIKONTRIBUSIKAN KEPADA KEHIDUPAN SENIMAN (FINANSIAL).

11.  MEMASTIKAN KUALITAS SARANA PERTUNJUKKAN VIRTUAL YANG MEMADAI (ALAT REKAM, SOUND, JARINGAN INTERNET, EDITING)

12.  DURASI PERTUNJUKAN MAKSIMAL 120 MENIT.

 

 

 




No comments:

Post a Comment

BEDAYAN LOGONDANG NOTASI PELOG LIMA ADITYASTUTI

 BEDAYAN LOGONDANG NOTASI PELOG LIMA ADITYASTUTI