Search This Blog

5 Mar 2017

WAYANG RAMAYANA (KI DJOKO LANGGENG)

I.            KARYA WAYANG RAMAYANA
Karya wayang kulit Ramayana di buat  ketika Ki Gondo Darman sakit di rumah sakit Sarjito Jogjakarta, pada waktu itu Ki Djoko Langgeng diminta membuat wayang oleh Ki Gondo Darman, yang disuruh mencari kulit adalah temannya Ki Wondo dari Jogjakarta, yang kemudian Ia membuat wayang dengan peralatan seadanya. Dalam proses menggambar Ia hanya menggunakan peniti untuk nyorek (nggambar) pada kulit, dengan lokasi dibawah pohon Sawo yang ada di sekitar rumah sakit. Dari inspirasinya itu, menghasilkan tokoh wayang Anoman, dengan bentuk rupa dan fisik wajah seperti layaknya monyet dengan pakaian bawah rampekan. Karena proses berkarya Ki Djoko Langgeng tersebut, ketika dia berada di rumah sakit Sarjito, maka oleh Ki Gondo Darman, tokoh wayang Anoman tersebut di beri nama Anoman Kyai Sarjito.



 Anoman Kyai Sarjito







Untuk tokoh Anoman ini ada dua ukuran yaitu ukuran biasa seperti anoman pada umumnya dan ukuran besar untuk Anoman Triwikrama.
 Berawal dari tokoh Anoman Kyai Sarjito tersebut oleh Ki Gondo Darman Ia minta untuk berkarya lagi membuat tokoh wayang Rama dan Lesmana.










Lesmana dan Rama Wijaya








Rama dan lesmana Muda
  





Barata



Lesmana
Yang kemudian disusul tokoh lain seperti Rahwana, Kumbakarna, Sarpakenaka, dan yang lainnya. sehingga wayang Ramayana tersebut genap menjadi satu kotak yang hanya berisikan tokoh wayang pada cerita Ramayana saja.







  
Rahwana



                                 (FotoPANDOYO TBKoleksiKONDANG SUTRISNO)
Bilung dan Togog







                                (FotoPANDOYO TBKoleksiKONDANG SUTRISNO)
Kapi Garuda dan Kapi Menda








Raksasa Alengka


                 
Rampokan Kethek



                                (FotoPANDOYO TBKoleksiKONDANG SUTRISNO)
Kapi Jembawan











 Gunawan Wibisono


Raksasa Celeng dan Yuyu Rumpung
Contoh Gambar wayang Ramayana tersebut hanya sebagian saja, untuk wayang Ramayana ada sebanyak satu kotak yang isinya hampir 200 tokoh wayang yang terdiri dari pasukan kera dan para prajurit alengka dalam cerita Ramayana saja. Dulu wayang tersebut dimiliki oleh Ki Gondo Darman dalang dari Sragen yang Selanjutnya Wayang Ramayana tersebut dimiliki oleh  Ki Mantep Sudarsono dari Karang Pandan. 










No comments:

Post a Comment

BEDAYAN LOGONDANG NOTASI PELOG LIMA ADITYASTUTI

 BEDAYAN LOGONDANG NOTASI PELOG LIMA ADITYASTUTI