Search This Blog

5 Mar 2017

WAYANG SABDO KARYA KI DJOKO LANGENG

I.            KARYA WAYANG SABDO[1]/ WAYANG KRISTEN

Sekitar tahun 1983, pada waktu gerhana matahari total, Ki Djoko Langgeng membuat wayang Sabdo atau wayang Kristen. Didusun Kuwiran, Desa Plawikan, Kec. Jogonalan di Rumah Bapak Pendeta Julius, dia membuat wayang Sabdo tersebut bersama dengan kakak iparnya yang bernama Ki Gondo Warsito untuk membantu dalam hal menatah. Wayang sabdo yang dibuatnya sesuai dengan gambar foto-foto tokoh dalam cerita sejarah  agama Kristen. Seperti Adam, Hawa, Yesus, Bunda Maria dan tokoh-tokoh lainnya.
Selanjutnya dalam perkembangannya karena wayang yang pertama kesulitan untuk digerakan pada waktu pertunjukan,  misalnya ketika wayang perang dan joget/ beksan,  untuk versi yang selanjutnya adalah perpaduan antara wayang versi pertama dengan wayang purwa biasa, yaitu dengan mengambil postur tubuh wayang purwa kemudian menggunakan kepala wayang versi pertama sehingga dalam penyajian wayangnya bisa di sajikan seperti halnya wayang purwa. Inilah contoh dari wayang Sabdo yang pertama :



[1] Wayang Sabdo menurut Bapak Pendeta Julius adalah wayang yang didalamnya mempunyai misi untuk menyampaikan  ajaran tentang Tuhan kepada manusia.
















































































No comments:

Post a Comment

BEDAYAN LOGONDANG NOTASI PELOG LIMA ADITYASTUTI

 BEDAYAN LOGONDANG NOTASI PELOG LIMA ADITYASTUTI