Search This Blog

14 Apr 2019

PANDUAN LOMBA MACAPAT TINGKAT SISWA DAN GURU


panduan
lomba macapat
tingkat siswa dan guru

1.               LATAR BELAKANG
Macapat merupakan salah satu jenis tembang Jawa yang perlu dilestarikan dan dikembangkan. Hal itu karena jenis tembang ini belum mendapat perhatian lebih, terutama oleh generasi muda. Mereka lebih tertarik kepada wujud kesenian populer yang bukan berasal dari hasil kebudayaan bangsa. Sejalan dengan semangat menumbuhkembangkan kebudayaan itu, maka macapat perlu digali, dilestarikan dan dikembangkan melalui lomba dengan maksud untuk mengembalikan citra macapat agar tetap eksis. Lomba macapat tersebut diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas para Siswa dan Guru sehingga dapat menambah kwantitas serta kwalitas seni khususnya macapat guna menggali potensi serta mendorong tumbuh kembangnya seni Macapat dikalangan masyarakat.
 
2.               MAKSUD DAN TUJUAN
§   memberikan pengalaman berkompetisi dengan menjunjung tinggi nilai kebersamaan dalam keberagaman untuk memberi inspirasi keteladanan dalam mencapai prestasi tertinggi di bidangnya;
§   membina dan meningkatkan kreativitas dan apresiasi siswa serta guru terhadap bidang seni khususnya macapat;
§   berkontribusi terhadap perlindungan, pelestarian, pengembangan dan pemanfaatan dalam bidang seni budaya khususnya seni macapat;

3.               SASARAN KEGIATAN

Sasaran kegiatan lomba macapat tahun 2019 ini adalah : Manuskrip
-           Siswa SD dan sederajat
-           Siswa SMP dan sederajat
-           Guru SD maupun SMP yang berkaitan dengan seni macapat

4.               WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Waktu dan tempat pelaksanaan Lomba Macapat 2019 daerah yang dimana pernah hidup atau berkembang seni macapat yang sekarang dirasa mulai menurun peminatnya. Serta waktunya menyesuaikan dengan kondisi daerahnya.

                                          
5.               RUANG LINGKUP KEGIATAN
Kegiatan Lomba Macapat 2019 ini  merupakan kegiatan kompetisi vocal tembang macapat yang mana ada materi wajib dan pilihan.   Untuk materi wajib di pilihkan tembang macapat sinom gresik dan asmarandana majapahitan yang mana kedua tembang macapat tersebut sudah dianggap langka dan hamper punah, sehingga dengan pemilihan kedua tembang wajib ini bias memperkenalkan kembali tembang macapat yang hamper punah sehingga dapat muncul kembali utamanya pada generasi muda.   

6.               MASUKAN (INPUT)
            Untuk mendukung kegiatan Lomba Macapat ini maka perlu dukungan pemerintah provinsi Jawa Timur  dalam hal ini Dinas Kebudayaan Pariwisata sebagai koordinator pelakanaan, yang nanti bekerjasama dengan dinas Kabupaten/ Kota yang terkait untuk memberikan anggaran kegiatan dimaksud.supaya kegiatan dapat berjalan dengan lancar
7.               KELUARAN (OUTPUT)
·                Terlaksananya lomba macapat 2019 sebagai usaha pemerintah dalam hap pelestarian seni budaya khususnya seni macapat yang mana dianggap seni macapat tersebut adalah seni yang hampir punah sehingga dapat di revitalisasi lagi keberadaannya di tengah masyarakat sehingga dpat di kenal lagi di kalangan seniman, budayawan serta masyarakat pada umunya.
·                Terlaksananya kerjasama yang senergi antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/ Kota dalam hal pelestarian budaya, khusunya revitalisasi seni macapat di Jawa Timur.

8.               RENCANA ANGGARAN
·                     Kegiatan lomba macapat 2019 ini dibiayai  oleh APBD Provinsi Jawa Timur tahun 2019 yang bersinergi dengan APBD Kabupaten/ Kota. 



Penulis Adiyanto, S.Sn, MM
Pamong Budaya Ahli Muda Prov. Jatim

No comments:

Post a Comment

BEDAYAN LOGONDANG NOTASI PELOG LIMA ADITYASTUTI

 BEDAYAN LOGONDANG NOTASI PELOG LIMA ADITYASTUTI